Salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri termasuk Universitas Al-Azhar adalah Paspor. Paspor merupakan identitas diri yang hanya diterima bagi WNI yang berada di luar negeri. Proses pembutannya biasanya memakan waktu 3-4 hari kerja. Karena sifatnya adalah dokumen pribadi, maka pembuatannya pun harus dilakukan sendiri. Berikut persyaratan yang perlu disiapkan oleh Calon Mahasiswa baru Al-Azhar.

  • E-KTP asli dan fotokopi
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi
  • Surat kelulusan/pengumuman kelulusan seleksi nasional yang diumumkan oleh Kemenag RI
  • Materai

Pembuatan paspor saat ini tidak harus di Imigrasi dimana alamat KTP dicantumkan, maksudnya Camaba dari Banjarmasin tidak harus membuat Paspor di Banjarmasin, namun juga dapat mengurus di Imigrasi lain di wilayah Republik Indonesia.

Pembuatan Paspor saat ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Manual, yaitu datang langsung dan mengambil antrian di kantor Imigrasi

2. Online, yaitu mengunduh aplikasi Antrian Paspor Online di Android dan mengambil antrian melalui aplikasi tersebut. Pemohon harus datang ke kantor Imigrasi yang dipilih pada tanggal dan waktu yang dipilih saat mengambil antrian online.

Kebanyakan/mayoritas kantor Imigrasi saat ini tidak lagi melayani pembuatan paspor secara manual, dan telah memberlakukan sistem paspor online/antrian online.

Go to top