MEKANISME PEMBERKASAN DAN PENDAFTARAN

UNIVERSITAS AL-AZHAR PROGRAM NON BEASISWA 2019

 

Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia mengucapkan selamat kepada seluruh calon mahasiswa baru (CAMABA) Universitas Al-Azhar Kairo Mesir yang telah mengikuti ujian seleksi dan dinyatakan lolos oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sesuai dengan pengumuan hasil seleksi pada tanggal 18 juli 2019.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, OIAA Cabang Indonesia tetap berkomitmen untuk membantu dan melayani para CAMABA Universitas Al-Azhar Mesir tahun 2019 dalam proses pemberkasan, pendaftaran hingga keberangkatan ke Universitas Al-Azhar di Mesir.

Proses pemberkasan dan pendaftaran CAMABA Universitas Al-Azhar Mesir tahun 2019 dilakukan melalui Lembaga Informasi dan Konsultasi Studi di Mesir (LINKS-MESIR), lembaga khusus yang dibentuk dan berada di bawah koordinasi OIAA Cabang Indonesia untuk membantu dan melayani seluruh proses studi di Universitas Al-Azhar, Mesir.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan beberapa hal terkait mekanisme pemberkasan dan pendaftaran sebagai berikut:

A. KETENTUAN UMUM

  1. Proses pemberkasan dan pendaftaran di Universitas Al-Azhar yang dilakukan LINKS-MESIR berlaku bagi:
  2. CAMABA nonbeasiswa yang telah dinyatakan lolos ujian berdasarkan hasil pengumuman hasil seleksi Kementerian Agama RI
  3. CAMABA yang mengikuti program peningkatan kemampuan bahasa Arab (daurah al-lughah al-‘Arabiyyah) di Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA)/Markaz Al-Azhar li Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li Ghayr an-Nathiqin Biha Cabang Indonesia (CAMABA-PUSIBA).
  4. Yang dimaksud CAMABA non-beasiswa adalah calon mahasiswa Universitas Al-Azhar yang menanggung secara mandiri seluruh biaya yang dibutuhkan, mulai dari proses pemberkasan dan pendaftaran, biaya keberangkatan hingga seluruh kebutuhan hidup selama studi di Universitas Al-Azhar. Bagi CAMABA nonbeasiswa, Universitas Al-Azhar hanya memberikan beasiswa berupa pembebasan biaya perkuliahan per tahun (bebas tuition fee).
  5. Yang dimaksud CAMABA-PUSIBA adalah calon mahasiswa yang telah mengikuti tahdid al-mustawa/placement test di PUSIBA dan berdasarkan hasil pengumuman tim penguji Markaz Al-Azhar Kairo dinyatakan lolos di level mutawassith awwal, atau mutawassith tsani, atau mutaqaddim awwal, atau mutaqaddim tsani atau mutamayyiz, dan sedang atau telah mengikuti proses belajar di PUSIBA berdasarkan level masing-masing.

B. PENDAFTARAN UNIVERSITAS

1. Daftar Ulang Online

  1. Setiap CAMABA nonbeasiswa yang telah lolos seleksi nasional dan atau CAMABA-PUSIBA Universitas Al-Azhar tahun ajaran 2019/2020 harus melakukan daftar ulang online di maba.waag-azhar.or.id pada tanggal: 27 s.d. 31 Juli 2019
  2. Tahap ini, CAMABA mengisi formulir online dengan data sebenar-benarnya berupa; identitas, riwayat pendidikan, dan Fakultas/Jurusan yang akan dipilih di Universitas Al-Azhar.

2. Persyaratan Berkas:

Setiap CAMABA diwajibkan menyerahkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Paspor Asli dan fotokopinya 2 lembar
  2. Akte Lahir asli dan fotokopinya 2 lembar
  3. Fotokopi Ijazah MA atau sederajat dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh Madrasah/sekolah 2 lembar
  4. Surat Keterangan/syahâdah mu`âdalah (syahadah muwahhadah) yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (cq. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam), sesuai Pengumuman Hasil Seleksi tgl 17 Juli 2019 butir 8.
  5. Pas Foto background putih 2 lembar (ukuran 4x6) mengenakan baju/jilbab selain warna putih, tanpa niqab dan tanpa peci
  6. Pas Foto background merah 20 lembar (ukuran 4x6) mengenakan baju/jilbab selain warna merah tanpa niqab dan tanpa peci
  7. SKCK dari POLSEK atau POLRES saja, tidak perlu dari POLDA.
  8. Surat Keterangan Sehat yang menyatakan bebas dari penyakit TBC dan hepatitis B dari rumah sakit (bukan klinik)
  9. Mengisi Surat Pernyataan Kesediaan Tinggal di Asrama bagi yang memilih ASRAMA, (Surat dapat diunduh melalui LINK INI) atau melalui menu DOWNLOAD
  10. Mengisi Surat Pernyataan Kepatuhan WNI kepada KBRI Cairo (Surat dapat diunduh melalui LINK INI) atau melalui menu DOWNLOAD

3. Penyerahan Berkas

  1. Berkas yang dimaksud diserahkan ke Kantor OIAA Cabang Indonesia di: Kampus II Pusat Studi Al-Quran (PSQ), Jl. Diamond Ring Road Selatan, South City. Jl. Pondok Cabe Raya. Tangerang Selatan. Kode Pos: 15418.
  2. Berkas dapat diserahkan secara langsung ke kantor dimaksud atau dikirimkan melalui jasa pengiriman kilat tepercaya.
  3. Berkas pendaftaran yang dimaksud agar dapat diserahkan mulai tanggal 1 s.d. 10 Agustus 2019

C. MATRIKULASI BAHASA ARAB

  1. Sejak beberapa tahun terakhir, Universitas Al-Azhar melakukan placement test (tahdîd mustawâ) kemampuan bahasa Arab camaba, dan mewajibkan seluruh camaba asing untuk mengikuti matrikulasi bahasa. Karena kebijakan tersebut, sebagian besar camaba, bahkan tahun 2018 keseluruhannya, tidak bisa langsung kuliah di tahun berjalan, karena harus menyelesaikan kelas bahasa.
  2. Berdasarkan MoU antara Pimpinan Pusat OIAA di Kairo, selaku penyelenggara kelas bahasa di Kairo, dan OIAA Cabang Indonesia pada tanggal 26 Desember 2018, telah dibuka lembaga pendidikan dan pelatihan bahasa Arab bagi calon mahasiswa baru (camaba) yang akan belajar di Al-Azhar Mesir bertempat di Indonesia. Dengan demikian, Camaba mempunyai pilihan; antara mengikuti kelas bahasa di Kairo atau menyelesaikannya di Indonesia sebelum berangkat ke Mesir di Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) OIAA Cabang Indonesia. Sertifikat yang dikeluarkan PUSIBA diakui oleh Al-Azhar dan dapat digunakan untuk langsung masuk kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir.
  3. PUSIBA OIAA Cabang Indonesia akan membuka kesempatan kepada camaba untuk mengikuti tahdîd mustawâ di tanah air, sehingga dapat mengetahui lebih dini batas kemampuan bahasa yang dimilikinya. Waktu pelaksanaan akan ditentukan kemudian.
  4. Level kelas bahasa yg harus diikuti oleh setiap camaba yaitu; Mubtadi’ awwal, Mubtadi’ tsani, Mutawassith awwal, Mutawassith tsani, Mutaqaddim awwal, Mutaqaddim tsani dan Mutamayyiz. Level bahasa camaba ditentukan oleh hasil tahdîd mustawâ (placement test).
  5. Masa belajar di setiap level, di Markaz Lughah Kairo adalah satu bulan setengah, dengan biaya per level: 720 Pound Mesir atau setara dengan 45 Dolar Amerika. Sedangkan untuk level Mutamayyiz, masa belajar selama satu bulan, dengan biaya 620 Pound Mesir atau setara dengan 38 USD. Biaya tersebut dibayarkan langsung oleh masing-masing mahasiswa pada setiap levelnya di Markaz Lughah di Mesir. Bila ingin mengikutinya di PUSIBA, kelas bahasa dilakukan secara intensive, sehingga setiap level bisa diselesaikan dalam waktu antara 3-4 minggu. Biaya per level sebesar Rp. 2.900.000.

D. ASRAMA INDONESIA MESIR – NON BEASISWA

  1. Mulai tahun ajaran 2017/2018 setiap mahasiswa baru Al-Azhar non-beasiswa dianjurkan untuk tinggal di Asrama Indonesia Mesir selama satu tahun pertama.
  2. Anjuran tersebut hanya kepada mahasiswa (pria) tidak kepada mahasiswi (perempuan) dengan kapasistas penghuni sebanyak 600 orang putra.
  3. Besaran biaya Asrama yaitu 50 Dolar Amerika per-bulan. Biaya tersebut meliputi biaya makan untuk 3 kali sehari, pembinaan, dan pengelolaan.
  1. Biaya Asrama dibayarkan untuk  1  tahun (12 bulan) sekaligus sebelum keberangkatannya ke Mesir, yaitu pada saat proses penyerahan berkas pendaftaran.

E. ADMINISTRASI

1. Administrasi Pemberkasan dan Pendaftaran

a. Biaya yang perlu disiapkan oleh setiap CAMABA Al-Azhar 2019 adalah:

  • 2.250.000,-, dan
  • USD 110 (bagi CAMABA yang mengikuti matrikulasi bahasa Arab di Kairo), atau
  • USD 65 (bagi CAMABA yang mengikuti matrikulasi bahasa Arab di PUSIBA Jakarta)

b. Biaya tersebut meliputi pembiayaan:

  • Pemberkasan, penerjemahan, dan pendaftaran
  • Legalisir dokumen di Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Luar Negeri
  • Visa Mesir
  • Ujian tahdid mustawa Markaz Lughah dan biaya satu level pertama (bagi yang memilih matrikulasi bahasa Arab di Kairo)
  • Penjemputan di Kairo

2. Administrasi Asrama/Tempat Tinggal

  1. Mahasiswa (Pria) yang memilih tinggal di Asrama Indonesia sebesar USD 50 /bulan dan dibayarkan langsung untuk 1 tahun sekaligus (USD 600).
  2. Mahasiswi (Perempuan) sebesar USD90 untuk tempat tinggal layak huni (lengkap dengan perabotan pokok) selama satu bulan pertama dan jaminannya senilai sewa.
  3. Mahasiswa (Pria) Non-Asrama Indonesia sebesar USD 90untuk tempat tinggal layak huni (lengkap dengan perabotan pokok) selama satu bulan pertama dan jaminannya senilai sewa.

3. Dana Organisasi Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI).

Jumlah iuran sebesar USD 25 dan mekanisme pembayaran ditetapkan dan diserahkan langsung kepada pengurus PPMI  Mesir saat penyerahan berkas (tanpa melalui OIAA Indonesia).

4. Biaya diatas tidak termasuk tiket Jakarta - Cairo yang besarannya sekitar USD 550 dan kebetuhan-kebutuhan tambahan yang sifatnya optional dan pribadi. Sehingga estimasi pembiayaan keseluruhan pendaftaran sekitar Rp.13.400.000,- bagi yang tinggal Non Asrama dan Rp. 21.400.000 bagi yang tinggal di Asrama Indonesia.

5.Pembayaran biaya administrasi dapat dilakukan dengan cara:

  1. Tunai saat penyerahan berkas di Kantor OIAA Indonesia.
  2. Transfer bank:
    • Rekening Rupiah : BNI, No. Rek: 3331999990 an. Yayasan Alumni Al-Azhar Internasional Indonesia
    • Rekening Dolar    :BNI No. Rek: 3319999985 an. Yayasan Alumni Al-Azhar Internasional Indonesia

 F. LAIN-LAIN

Perubahan prosedur/mekanisme dan hal-hal lain yang belum tertuang dalam edaran ini akan diatur dan disampaikan kemudian.

Go to top